Home » » Gambaran umum SI/TI

Gambaran umum SI/TI

/ Tuesday, September 4, 2012 /

BAB I – GAMBARAN UMUM SISTEM INFORMASI DAN TEKNOLOGI INFORMASI

Banyak  aktifitas  manusia  yang  berhubungan  dengan  sistem  informasi,  entah disadari atau tidak, sistem informasi telah banyak  membantu manusia.
Ada bermacam-macam sistem informasi antara lain :
  • Sistem  Reservasi  pesawat  terbang  :  digunakan  dalam  biro  perjalanan  untuk melayani pembelian / pemesanan tiket.
  • Sistem  untuk  menangani  penjualan  kredit  kendaraan  bermotor  sehingga  dapat digunakan untuk memantau hutang para pelanggan.
  • Sistem  biometrik  yang  dapat  mencegah  orang  yang  tak  berwenang  memasuki fasilitas-fasilitas  rahasia  atau  mengakses  informasi  yang  bersifat  rahasia  dengan cara menganalisa sidik jari atau retina mata.
  • Sistem  POS  (point  of  sale)  yang  diterapkan  pada  kebanyakan  pasar  swalayan dengan dukungan pembaca barcode untuk mempercepat pemasukan data.
  • Sistem  telemetri  atau  pemantauan  jarak  jauh  yang menggunakan  teknologi  radio, misalnya untuk mendapatkan suhu  lingkungan pada gunung berapi atau memantau getaran pilar jembatan rel kereta api.
  • Sistem  berbasiskan  kartu  cerdas  (smart  card)  yang  dapat  digunakan  juru  medis untuk  mengetahui  riwayat  penyakit  pasien  yang  datang  ke  rumah  sakit  karena didalam kartu tersebut terekam data-data mengenai pasien.
  • Sistem  layanan  akademis  berbasis  web  yang  memungkinkan  mahasiswa memperoleh data-data akademis atau bahkan dapat mendaftarkan mata kuliah-mata kuliah yang diambil pada semester baru.
  • Sistem  pertukaran  data  elektronis  (Electronic  Data  Interchange)  yang memungkinkan  pertukaran  dokumen  antar  perusahaan  secara  electronis  dan  data yang terkandung dalam dokumen dapat diproses secara langsung oleh komputer.
  • E-Government atau system informasi layanan pemerintahan yang berbasis internet.


Gambar 1.1  Sistem informasi yang sederhana (attachments 1)
Perlu diketahui bahwa sistem informasi tidak harus selalu berbentuk kompleks. Gambar 1.1. memperlihatkan sebuah sistem  informasi yang bersifat sederhana. Sistem  tersebut hanya  digunakan  untuk mencatat  transaksi  penjualan  dan melibatkan  satu  orang  saja, melalui  sebuah  komputer,  pemakai memasukan  data  penjualan  dan  saat  setelah  toko ditutup,  laporan  harian  penjualan  dicetak.  Selanjutnya,  laporan  digunakan  untuk melakukan analisis tentang barang-barang yang  laku yang berguna untuk pengambilan keputusan pembelian barang.
Hal-hal yang bisa dikerjakan oleh  sistem  informasi  tentu  saja  terkait dengan kemampuan yang dapat dilakukannya (Turban, Mclean dan Wetherbe : 1999) adalah sebagai berikut :
  • Melaksanakan komputasi numeric, bervolume besar dan dengan kecepatan tinggi.
  • Menyediakan komunikasi dalam organisasi atau antar organisasi yang murah, akurat dan cepat.
  • Menyimpan  informasi  dalam  jumlah  yang  besar  dalam  ruang  yang  kecil  tetapi mudah diakses.
  • Memungkinkan pengaksesan informasi diseluruh dunia dengan cepat dan murah.
  • Meningkatkan  efektifitas  dan  efisiensi  orang-orang  yang  bekerja  dalam  kelompok dalam suatu tempat atau pada beberapa lokasi.
  • Menyajikan informasi yang jelas yang menggugah pikiran manusia.
  • Mengotomasikan  proses-proses  bisnis  yang  semiotomatis  dan  tugas-tugas  yang dikerjakan secara manual.
  • Mempercepat pengetikan dan penyuntingan.
  • Pembiayaaan yang jauh lebih murah daripada pengerjaan secara manual.
Kemampuan-kemampuan ini mendukung sasaran bisnis yang mencakup :
  • Peningkatan produktivitas.
  • Pengurangan biaya.
  • Peningkatan pengambilan keputusan.
  • Peningkatan layanan ke pelanggan.
  • Pengembangan aplikasi-aplikasi strategis lainnya.
Dengan  kemampuannya  yang  memudahkan  pengaksesan  informasi,  komputer  menjadi sangat  berguna  bagi  siapa  saja,  tidak  terbatas  pada  manajer  atau  staf  dalam  suatu organisasi, tetapi juga bagi para pelanggan yang ikut menikmati hasilnya.

Gambar 1.2. Sistem informasi berhubungan dengan pemakai 
(attachments 2)
Oleh  karena  itu  tidaklah  mengherankan  jika  perusahaan-perusahaan  bisnis  masa  kini melibatkan  komponen  perilaku  dan  teknologi  yang  berinteraksi  di  dalam  lingkungan sosioteknologi (O’Brien,1996). Gambar 1.3 memperlihatkan keadaan ini.

Gambar 1.3 Sistem informasi dan teknologi informasi mempunyai interaksi terhadap komponen-komponen penting dalam perusahaan 
(attachments 3)
Ada empat peranan penting dalam sistem informasi dalam organisasi (Alter,1992), yaitu :
  1. Berpartisipasi dalam pelaksanaan tugas-tugas
  2. Mengaitkan perencanaan,pengerjaan dan pengendali dalam sebuah subsistem
  3. Mengkoordinasikan subsistem-subsistem
  4. Mengintegrasikan subsistem-subsistem.
A.  Pengertian Sistem Informasi
Sesungguhnya yang dimaksud dengan sistem  informasi  tidak harus melibatkan komputer. Sistem informasi yang menggunakan komputer disebut sistem informasi berbasis komputer
(Computer-Based Information System atau CBIS).
Ada beragam definisi sistem informasi  yaitu :
  • Sistem  informasi  adalah  kombinasi  antara  prosedur  kerja,informasi,orang  dan teknologi  informasi  yang  diorganisasikan  untuk  mencapai  tujuan  dalam  sebuah organisasi. ( Alter, 1992 ).
  • Sistem  informasi  adalah  kumpulan  perangkat  keras  dan  perangkat  lunak  yang dirancang  untuk  mentransformasikan  data  dalam  bentuk  yang  lebih berguna. (Bodnar dan Hopwood 1993).
  • Sistem  informasi  adalah  sebuah  rangkaian  prosedur  formal  dimana  data dikelompokan,diproses  menjadi  informasi  dan  didistribusikan  kepada  pemakai.        (Hall, 2001).
  • Sebuah  sistem  informasi mengumpulkan,memproses,menyimpan,menganalisis  dan menyebarkan informasi untuk tujuan yang spesifik. (Turban, McLean dan Wetherbe, 1999).
  • Sistem  informasi  adalah  kerangka  kerja  yang  mengkoordinasikan  sumber  daya (manusia,komputer)  untuk  mengubah  masukan  (input)  menjadi  keluaran (informasi), guna mencapai sasaran-sasaran perusahaan.
Dari  berbagai  definisi  tersebut  dapat  disimpulkan  bahwa  sistem  informasi  mencakup sejumlah  komponen  (manusia,komputer,teknologi  informasi  dan  prosedur  kerja),  ada sesuatu yang diproses  (data menjadi  informasi), dan dimaksudkan untuk mencapai  suatu sasaran atau tujuan.
B.   Teknologi Informasi 
Menurut  kamus  Oxford  (1995),  Teknologi  informasi  adalah  studi  atau  penggunaan peralatan  elektronika,  terutama  komputer,  untuk  menyimpan,menganalisa  dan mendistribusikan apa saja termasuk kata-kata,bilangan dan gambar.
Menurut  Alter  (1992)  Teknologi  informasi  mencakup  perangkat  keras,perangkat  lunak untuk melaksanakan  satu  atau  sejumlah  tugas  pemrosesan  data  seperti  menangkap, mentransmisikan,menyimpan,mengambil dan memanipulasi atau menampilkan data.
Martin  (1999)  mendefinisikan  teknologi  informasi  tidak  hanya  terbatas  pada  teknologi komputer  (perangkat  keras  dan  perangkat  lunak)  yang  digunakan  untu  memproses  dan menyimpaninformasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi.  Luccas  (2000)  menyatakan  bahwa  teknologi  informasi  adalah  segala  bentuk teknologi  yang  diterapkan  untuk  memproses  dan  mengirimkan  informasi  dalam  bentuk elektronis.
C.  Lingkup Teknologi Informasi 
Secara garis besar  teknologi  informasi dapat dikelompokan menjadi 2 bagian  : Perangkat keras  (hardware)  dan  perangkat  lunak  (software).  Perangkat  keras  menyangkut  pada peralatan-peralatan  yang  bersifat  fisik,  seperti  memori,printer  dan  keyboard.  Adapun perangkat  lunak  terkait  dengan  instruksi-instruksi  untuk  mengatur  perangkat  keras  agar bekerja sesuai dengan tujuan instruksi-instruksi tersebut.
Haag, dkk (2000) membagi  teknologi informasi menjadi 6 kelompok yaitu :
  1. Teknologi masukan (input technology).
  2. Teknologi keluaran (output technology).
  3. Teknologi perangkat lunak (software technology).
  4. Teknologi penyimpan (strorage technology) .
  5. Teknologi telekomunikasi (telecommunication technology).
  6. Mesin pemroses (processing machine) atau lebih dikenal dengan istilah CPU.
Teknologi  masukan  adalah  segala  perangkat yang digunakan  untuk  memasukan data atau informasi  dari  sumber  asalnya.  Contoh  teknologi  ini  antara  lain  barcode  scanner  dan keyboard. Barcode  scanner merupakan  contoh  teknologi masukan  yang  biasa  digunakan
pada pasar swalayan untuk memasukan data penjualan dikasa.
Supaya informasi bisa diterima oleh pemakai yang membutuhkan, informasi perlu disajikan dalam  berbagai  bentuk. Dalam  hal  ini  teknologi  keluaran mempunyai  andil  yang  cukup besar.  Pada  umumnya  informasi  disajikan  dalam  monitor,  namun  kadang  kala  pemakai menginginkan  informasi yang  tercetak dalam kertas  (hard copy) pada keadaan  seperti  ini, piranti printer menentukan kualitas cetakan.
Untuk  menciptakan  informasi  diperlukan  perangkat  lunak  atau  sering  disebut  program. Program  adalah  sekumpulan  instruksi  yang  digunakan  untuk  mengendalikan  perangkat keras komputer.
Teknologi  penyimpan  menyangkut  segala  peralatan  yang  digunakan  untuk  menyimpan data. Tape, hard disk, disket, dan zip disk merupakan contoh media untuk menyimpan data.
Teknologi telekomunikasi merupakan teknologi yang memungkinkan hubungan jarak jauh.  Internet dan ATM merupakan contoh teknologi yang memanfaafkan teknologi komunikasi.
Mesin  pemroses  adalah  bagian  penting  dalam  teknologi  informasi  yang  berfungsi  untuk mengingat data/program  (berupa komponen memori) dan mengeksekusi program  (berupa komponen CPU).
D.   Peranan Teknologi Informasi
Peranan  teknologi  informasi  pada  aktifitas manusia  pada  saat  ini memang  begitu  besar. Teknologi  informasi  telah  menjadi  fasilitator  utama  bagi  kegiatan-kegiatan bisnis, memberikan  andil  besar  terhadap  perubahan-perubahan  yang  mendasar  pada struktur, operasi dan manajemen organisasi. Berkat teknologi ini berbagai kemudahan dapat dirasakan  oleh  manusia.  Pengambilan  uang  melalui  ATM  (anjungan    tunai  mandiri), transaksi melalui  internet yang dikenal dengan E-Commerce atau perdagangan elektronik, transfer  uang  melalui  E-Banking  yang  dapat  dilakukan  dirumah  merupakan  sejumlah contoh hasil penerapan teknologi informasi.
Secara garis besar dapat dikatakan bahwa :
  • Teknologi  informasi  menggatikan  peran  manusia.  Dalam  hal  ini,  teknologi informasi melakukan otomasi terhadap suatu tugas atau proses.
  • Teknologi memperkuat  peran manusia,yakni  dengan menyajikan  suatu  tugas  atau proses.
  • Teknologi informasi berperan dalam restrukturisasi terhadap peran manusia. Dalam hal  ini  teknoplogi  berperan  dalam  melakukan  perubahan-perubahan  terhadap sekumpulan tugas atau proses.
Banyak perusahaan yang berani melakukan investasi yang sangat tinggi dibidang teknologi informasi. Alasan yang paling umum adalah adanya kebutuhan untuk mempertahankan dan meningkatkan  posisi  kompetitif,mengurangi  biaya,meningkatkan  fleksibilitas  dan tanggapan.
E.  Kecenderungan Teknologi Informasi Terhadap Sistem Informasi
Menurut Alter (1992) ada banyak sisi yang mengalami perkembangan dengan cepat tetapi ada juga yang masih tertinggal.
Kecenderungan teknologi terhadap sistem informasi adalah :
  • Peningkatan kecepatan dan kapasitas komponen-komponen elektronik.
  • Ketersediaan informasi dalam bentuk digital semakin banyak.
  • Protabilitas peralatan-peralatan elektronis semakin meningkat.
  • Kemudahan pemakaian meningkat.
  • Ketidakmampuan mengotomasikan logika masih berlanjut.
Sebagaimana  diketahui,  kecenderungan  peralatan-peralatan  masa  kini  relatif  berukuran kecil sehingga mudah dibawa ( keadaan seperti ini sering disebut portable). Kamera digital dengan ukuran   yang sama dengan kamera analog atau malah  lebih kecil dapat digunakan untuk  merekam  obyek  dengan  kualitas  gambar  lebih  tinggi  hingga  ratusan  buah,  yang disimpan  pada  kartu  memori  yang  berukuran  sangat  kecil.  Sebuah  CD-ROM  dapat digunakan  untuk menyimpan  ratusan  buku  teks. Notebook memungkinkan mereka  yang sedang  berpergian  tetap  bisa  berinteraksi  dengan  komputer dan  bahkan  dengan  melalui handphone,komunikasi data ketempat lain juga tetap dapat dilakukan, tidak terkendala oleh lokasi.
Kini,  konektivitas  (kemampuan  untuk  mengirimkan  data  diantara  peralatan-peralatan berkomputer)  tak hanya mencakup areal  lokal,  tetapi  juga bisa mencapai kebelahan bumi mana  saja.  Dengan  menggunakan  telepon  genggam,pengaksesan  terhadap  surat-surat elektronik (e-mail) dapat dilakukan. Melalui video konferensi,perbincangan jarak jauh yang disertai  dengan  wajah-wajah  orang  yang  sedang  bercakap-cakap  dapat  dilakukan  tidak terkendala oleh lokasi.
Pengoperasian  komputer  dari waktu-kewaktu  semakin mudah,  sayangnya masih  ada  hal yang  tertinggal.  Sekalipun  disiplin  ilmu  komputer  berkembang  dengan  pesat  termasuk bidang kecerdasan  buatan  atau  artificial  intelligence),  sampai  saat  ini masih  sulit untuk menanamkan logika yang dimiliki manusia ke komputer.

BAB II – KONSEP DASAR INFORMASI

A.  Data dan Informasi
Perbedaan  antara  data  dan  informasi  sering menjadi  titik  awal  untuk memahami  sistem informasi. Sebagai  tambahan, pengetahuan  juga diikutkan untuk dibahas, mengingat pada saat ini pemakaian sistem pakar yang berbasiskan pengetahuan telah banyak digunakan.
1.  Data
Secara  konseptual,  data  adalah  deskripsi  tentang  benda,kejadian,aktivitas,dan  transaksi yang  tidak mempunyai makna  atau  tidak  berpengaruh  secara  langsung  kepada  pemakai.  Misalnya, anda menjumpai  angka  seperti  berikut  :  6.30  27  6.32  28  6.34  27.  Apa  yang terpikir pada anda ketika melihatnya ? anda mungkin merasakan bahwa deretan bilangan tersebut  tidak memberikan makna apapun.  Itulah contoh data. Berbeda halnya kalau anda disuguhi tabel seperti berikut :

Tabel 2.1
 
(attachments 4)
Namun dalam konteks yang berbeda, isi table diatas dapat dipandang hanya sebagai data.
Data dapat berupa nilai yang terformat,teks,citra,audio dan video.
Data yang terformat adalah data dengan format tertentu. Misalnya data yang menyatakan tanggal atau jam atau menyatakan nilai mata uang.
Teks adalah  sederetan  huruf,angka,dan  simbol-simbol  khusus  (misalnya  +  dan  $)  yang kombinasinya  tidak  tergantung  pada masing-masing  item  secara  individual. Contoh  teks adalah artikel Koran.
Citra  (image) adalah  data  dalam  bentuk  gambar.  Citra  dapat  berupa  grafik, foto, hasil rontgen ataupun gambar yang lain.
Audio adalah  data  dalam  bentuk  suara.  Instrumen  musik,suara  orang  atau  suara binatang, gemericik air, detak jantung merupakan contoh data video.
Video menyatakan  data  dalam  bentuk  sejumlah  gambar  yang  bergerak  dan  bisa  saja dilengkapi dengan suara. Video dapat digunakan untuk mengabadikan suatu kejadian atau aktifitas.
2.  Informasi 
Ada beberapa definisi informasi :
  • Informasi  sebagai  data  yang  telah  diproses  sedemikian  sehingga  meningkatkan pengetahuan yang menggunakan data tersebut. (MCFadden dkk ,1999).
  • Informasi  adalah  data  yang  telah  diolah  menjadi  sebuah  bentuk  yang  berati  bagi penerimanya  dan  bermanfaat  dalam  pengambilan  keputusan  saat  ini  atau  saat mendatang (Davis,1999).



Gambar 2.1. Siklus Informasi (attachments 5)

Gambar 2.1. memperlihatkan siklus informasi  (Burch  dan  Grundnitski, 1989) yang menggambarkan  pengolahan  data  menjadi  informasi  dan  pemakaian  informasi  untuk pengambilan  keputusan,  hingga  akhirnya  dari  tindakan  hasil  pengambilan  keputusan tersebut dihasilkan data kembali.
Jadi,  hal  yang  terpenting  untuk  membedakan  informasi  dengan  data,  informasi  itu mempunyai kandungan “makna”, data tidak. Pengertian makna disini merupakan hal yang sangat  penting  karena  berdasarkan  maknalah  si  penerima  dapat  memahami  informasi tersebut dan secara lebih jauh dapat menggunakannya untuk menarik suatu kesimpulan atau bahkan mengambil keputusan.
3.  Karakteristik Data dan Informasi
A.  Tipe Data
Ada bermacam-macam    tipe data   yang masing-masing  tipe data memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.
Tipe  data  terformat  cocok  untuk  menyimpan  informasi  seperti  tanggal  dan  jam  masuk karyawan  (format  tanggal dan  format  jam). Tipe data  teks  cocok untuk menyatakan data yang panjang semacam biografi singkat seseorang. Tipe data suara dapat digunakan untuk menyatakan  bunyi-bunyian.  Data  video  dapat  digunakan  untuk  merekam  tentang  suatu aktivitas atau kejadian.
B.  Akurasi dan Persisi
Istilah akurasi  (accuracy) dan presisi  (precise) sering kali  tidak dibedakan. Bahkan dalam kamus  Oxford,  kedua  istilah  ini  dianggap  sama.  Akurasi menyatakan  derajat  kebenaran terhadap  informasi dan menentukan kehandalan atau  reliabilitas  informasi. Informasi yang benar-benar bebas dari kesalahan dikatakan sangat akurat. Adapun presisi berkaitan dengan tingkat kerincian suatu informasi.
Untuk  data  bilangan,ukuran  akurasi  berupa  tingkat  kesalahan,  sedangkan  ukuran kepresisian dinyatakan dengan  jumlah digit yang signifikan. Pada komputer bilangan  real dengan  kepresisian  tinggi  dinyatakan  dalam  16  digit.  Jika  anda  menyatakan  bilangan dengan kepresisian 18 digit berati ada dua digit yang tidak benar.
Pada data citra, tingkat kepresisian ditentukan  oleh sejumlah piksel per inci ( dots per inch atau dpi)  atau  biasa  disebut  dengan  resolusi  citra. Semakin  besar  dpi-nya, maka  kualitas gambar semakin  bagus.
C.  Usia dan Rentang Waktu
Karakteristik  informasi  yang  berkaitan  dengan  waktu  adalah  uaia  informasi  (age), ketepatan waktu (timeliness) dan rentang waktu (time horizon). Usia  informasi menyatakan  lama waktu  sejak  informasi  dihasilkan  hingga  saat  sekarang.  Usia  informasi  mudah  diketahui  jika  informasi  yang  dihasilkan  berdasarkan  laporan internal,  namun  kalau  laporan  yang  dihasilkan  oleh  pihak  eksternal,  usia  yang  pasti  ada sulit diketahui.
Ada  dua  aspek  yang  mempengaruhi  usia  informasi,  yaitu  interval  dan  keterlambatan. Informasi  sering  kali  dihasilkan  secara  periodik,  misalnya  menurut  skala harian, mingguan, bulanan  dan  sebagainya,  skala  ini  biasa  disebut  interval.  Adapun keterlambatan  (delay)  adalah  lamanya  waktu  berlalu  setelah  akhir  interval  sampai informasi tersebut berada ditangan penerima.
Ketepatan waktu (timeliness) menyatakan usia data yang sesuai dengan upaya pengambilan keputusan.  Artinya  informasi  tersebut  tidak  usang/kedaluwarsa  ketika  sampai  ke penerimanya,  sehingga masih  ada waktu  untuk menggunakan  informasi  tersebut  sebagai bahan pengambilan keputusan.
Rentang waktu (time horizon) menyatakan selang waktu yang digunakan untuk mencakup data. Dalam hal  ini, rentang waktu dapat beroperasi dimasa  lalu,masa sekarang atau masa mendatang.
D.  Tingkat keringkasan dan kelengkapan
Kadangkala  informasi  yang  terlalu  detail  tidak memberikan  hasil  yang  lebih  baik,  tetapi malah  sebaliknya,  karena  informasi  semakin  sulit  untuk  diserap  dan  dipahami.  Istilah informasi overload atau informasi yang berlebihan merupakan istilah yang ditujukan untuk menyatakan  adanya  informasi  yang melimpah  ruah  dan membingungkan.  Pada  keadaan seperti  ini ada kemungkinan penerima  informasi mengabaikan  informasi yang  formal dan berganti  menggunakan  petunjuk-petunjuk  tak  formal  dalam  pengambilan  keputusannya. Akibatnya keputusan sangat beresiko. Oleh karena itu sering kali informasi yang rinci perlu dikemas dalam  bentuk yang lebih ringkas berupa ringkasan atau ikhtisar.
Namun data yang ringkas terkadang malah menjadi sifat informasi yang tidak dikehendaki.
Mengapa? Karena dapat mengaburkan yang  sesungguhnya, mengingat  ada  informasinya yang tidak disertakan.
Idealnya informasi yang penting bagi pengambilan keputusan  haruslalah lengkap (tak ada yang hilang) sehingga mengurangi faktor ketidak pastian.
E.  Kemudahan Akses
Agar  informasi  bisa  diterima  oleh  pemakai  dengan  lancar,  kemudahan  akses  terhadap informasi  harus  terjamin.  Oleh  karena  itu  pihak-pihak  yang  berkompenten  dengan informasi biasanya  dilengkapi  dengan  komputer  pribadi  (PC)  yang  terhubung  ke  server, yang menyimpan data untuk memudahkan pengaksesan informasi.
F.  Sumber
Sumber  informasi  dapat  bersifat  internal  atau  eksternal.  Sumber  internal  berasal  dari perusahaan itu sendiri, dan sumber data eksternal berasal dari lingkungan. Sumber  informasi  juga  bisa  bersifat  formal  dan  informal.  Sumber  data  formal  diperoleh melalui  system  informasi, dokumen-dokumen  yang  dipublikasikan  dan  hasil  pertemuan resmi, sedangkan informal diperoleh karena ada perbincangan tak resmi.
G.  Relevansi dan nilai
Relevansi  berati  bahwa  informasi  benar-benar  memberikan  manfaat  bagi  pemakainya.  Tentu saja relevansi informasi untuk setiap pemakai berbeda-beda. Nilai  Informasi  (value  of  information)    ditentukan  oleh  dua  hal  yaitu manfaat  dan  biaya untuk  mendapatkannya. Suatu  informasi  lebih  bernilai  kalau  manfaatnya  lebih  efektif dibandingkan dengan biaya untuk mendapatkannya.
H. Kualitas Informasi
Istilah kualitas informasi (quality of information) terkadang juga dipakai untuk menyatakan informasi yang baik. Kualitas informasi sering diukur berdasarkan :
  • Relevansi.
  • Ketepatan Waktu.
  • Keakurasian.

BAB III – KONSEP DASAR SISTEM DAN  KOMPONEN SISTEM INFORMASI

1. Sistem
Sistem  adalah  sekumpulan  elemen  yang  saling  terkait  atau  terpadu  yang  dimaksudkan untuk mencapai suatu tujuan.
Ada beberapa elemen yang membentuk sebuah  system yaitu :
  • Tujuan
  • Masukan
  • Keluaran
  • Proses
  • Mekanisme pengendalian, dan
  • Umpan balik
Tujuan 
Setiap  sistem mempunyai  tujuan  (goal)  entah  hanya  satu  atau mengkin  banyak.  Tujuan inilah yang menjadi pemotivasi yang mengarahkan sistem, Tanpa tujuan sistem menjadi tak terarah dan terkendali.
Masukan 
Masukan (input) sistem adalah segala sesuatu yang masuk ke dalam sistem dan selanjutnya menjadi bahan untuk diproses
Proses
Proses  merupakan  bagian  yang  melakukan  perubahan  atau  transformasi  dari  masukan menjadi  keluaran  yang  berguna misalnya  berupa  informasi  dan  produk,  tetapi  juga  bisa berupa hal-hal yang tidak berguna misalnya sisa pembuangan dan limbah.
Pada  sistem  informasi,  proses  dapat  berupa  suatu  tindakan  yang  bermacam-macam, meringkas data, melakukan perhitungan dan mengurutkan data merupakan beberapa contoh proses.
Keluaran 
Keluaran  (output) merupakan  hasil dari  pemrosesan. Pada  sistem  informasi, keluaran  bisa berupa suatu informasi, saran, cetakan laporan dan sebagainya.
Mekanisme Pengendalian dan Umpan Balik 
Mekanisme  pengendalian  (control mechanism)  diwujudkan  dengan menggunakan  umpan balik  (feedback),  yang  mencuplik  keluaran.  Umpan  balik  ini  digunakan  untuk mengendalikan  baik  masukan  maupun  proses.  Tujuannya    adalah  untuk  mengatur  agar sistem berjalan sesuai dengan tujuan.
2.  Komponen Sistem Informasi
Dalam suatu sistem informasi terdapat komponen-komponen seperti :
  • Perangkat  keras  (hardware)  :  mencakup  piranti-piranti  fisik  seperti  komputer  dan printer.
  • Perangkat  lunak  (software) atau program  :  sekumpulan  instruksi yang memungkinkan perangkat keras untuk dapat memproses data.
  • Prosedur  :  sekumpulan  aturan  yang  dipakai  untuk mewujudkan  pemrosesan  data  dan pembangkitan keluaran yang dikehendaki.
  • Orang  : semua pihak yang bertanggung  jawab dalam pengembangan sistem  informasi, pemrosesan dan penggunaan keluaran sistem informasi.
  • Basis  data  (database)  :  sekumpulan  table  ,hubungan  dan  lain-lain  yang  berkaitan dengan penyimpan data.
  • Jaringan  komputer  dan  komunikasi  data  :  sistem  penghubung  yang  memungkinkan sesumber (resources) dipakai secara bersama atau diakses oleh sejumlah pemakai.
3.  Arsitektur Informasi
Ada beberapa definisi tentang arsitektur informasi :
  • Arsitektur  informasi  adalah  bentuk  khusus  yang  menggunakan  teknologi  informasi dalam  organisasi  untuk mencapai  tujuan-tujuan  atau  fungsi-fungsi  yang  telah  dipilih. (Laudon 1998).
  • Arsitektur  Informasi  adalah  desain  sistem  komputer  secara  keseluruhan  (termasuk sistem  jaringan)  untuk  memenuhi  kebutuhan-kebutuhan  organisasi  yang  spesifik. (Zwass.1998)
Sebuah  arsitektur  informasi  yang  detail  berisi  perencanaan  yang  digunakan  untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut (Alter, 1992) :
  • Data Apa yang akan dikumpulkan?
  • Dimana dan bagaimana data dikumpulkan?
  • Bagaimana cara mengirimkan data?
  • Di mana data akan disimpan?
  • Aplikasi-aplikasi  (program)  apa  yang  akan  menggunakan  data  dan  bagaimana aplikasi-aplikasi tersebut dihubungkan sebagai sebuah sistem yang utuh.
Arsitektur informasi menggunakan arsitektur teknologi yang dapat dibedakan menjadi tiga macam, yaitu tersentralisasi (centralized), desentralisasi (decentralized) dan client/server.
3.1  Arsitektur Tersentralisasi
Arsitektur  ini  sudah  dikenal  semenjak  tahun  1960-an  dengan  mainframe  sebagai  faktor utama. Mainframe  adalah  komputer  yang  berukuran  relatif  besar  yang  ditujukan  untuk menangani  data  yang  berukuran  besar, dengan  ribuan  terminal  untuk  mengakses  data dengan tanggapan yang sangat cepat dan melibatkan jutaan transaksi.

Gambar 3.1  Arsitektur Tersentralisasi (attachments 6)
Implementasi dari arsitektur  terpusat adalah pemrosesan data yang  terpusat  (biasa disebut komputasi  terpusat). Semua pemrosesan data dilakukan oleh komputer yang ditempatkan didalam  suatu  lokasi  yag  ditujukan  untuk  melayani  semua  pemakai  dalam  organisasi. Kebanyakan perusahaan yang tidak mempunyai cabang menggunakan model seperti ini.
3.2  Arsitektur Desentralisasi
Arsitektur  desentralisasi  merupakan  konsep  dari  pemrosesan  data  tersebar  (atau terdistribusi). Sistem  pemrosesan  data  terdistribusi  (atau  biasa  disebut  sebagai  komputasi tersebar) sebagai sistem yang  terdiri   atas sejumlah komputer yang  tersebar pada berbagai lokasi yang dihubungkan dengan  sarana  telekomunikasi dengan masing-masing komputer mampu melakukan pemrosesan yang serupa secara mandiri,  tetapi bisa saling berinteraksi dalam pertukaran data.

Gambar 3.2  Arsitektur Desentralisasi (attachments 7)
3.3. Arsitektur Client/Server
Pada arsitektur ini ada sebagian yang disebut client dan ada yang disebut server.  Server adalah  sistem atau proses yang menyediakan data atau  layanan yang diminta oleh client.  Secara  fisik  sebuah  server  dapat  berupa  komputer  (mainframe,  mini-komputer, workstation, ataupun PC) atau piranti lain (misalnya printer).
Client  mempunyai  kemampuan  untuk  melakukan  proses  sendiri.  Ketika  sebuah  client meminta suatu data ke server, server akan segera menanggapinya dengan memberikan data yang diminta ke client bersangkutan. Setelah diterima client segera melakukan pemrosesan.

Gambar 3.3 
 
Arsitektur Client/Server (attachments 8)

Model komputasi yang berbasis client/server mulai banyak diterapkan pada sistem operasi.
Dengan  menggunakan  arsitektur  ini,  sistem  informasi  ini  dapat  dibangun  menggunakan perangkat lunak gado-gado. Artinya , jika pada awalnya sistem informasi dibangun dengan menggunakan  perangkat  lunak  X,  maka  untuk  pengembangan  aplikasi  baru  dapat menggunakan perangkat lunak Y. Tidak perlu ada migrasi sistem.
Keuntungan arsitektur client/server menurut majalah byte,  juni 1993  (Turban,1995) dapat dilihat pada table berikut :

Tabel 3.1 Keuntungan Client/Server

Pertanyaan :
  1. Apakah  benar  sistem  informasi  itu  tidak  harus  selalu  menggunakan  komputer? Jelaskan!
  2. Mengapa sistem informasi itu penting bagi suatu perusahaan?
  3. Manakah yang benar : Teknologi informasi itu adalah bagian dari sistem informasi atau sistem informasi itu bagian dari teknologi informasi? Jelaskan!
  4. Apa yang dimaksud dengan nilai informasi ? Berikan contohnya.
  5. Informasi yang berlebihan itu menguntungkan atau tidak? Mengapa?
Sumber: https://sites.google.com/site/tirtayasa/memahami-konsep-dasar-tik/gambaran-umum-sistem-informasi-dan-teknologi-informasi

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Situs UTAMA

Terkait dengan edianya: Macan Software

klik DISINI

Tayangan minggu lalu

page title images

page title images

<======================================= =>

Microsoft Home Page
Google Support
Adobe Solutions

 
Copyright © 2010-2013 WARNING, All rights reserved
Design by DZignine . Powered by Blogger
Top