Home » » Macam macam jenis website yang menggunakan CMS Opensource

Macam macam jenis website yang menggunakan CMS Opensource

/ Monday, November 12, 2012 /
CMS adalah Content Management System. Dalam bahasa Indonesia Sistem manajemen konten (Inggris : content management System , disingkat CMS), adalah perangkat lunak yang memungkinkan seseorang untuk menambahkan dan/atau memanipulasi (mengubah) isi dari suatu situs Web .

Dalam CMS terdapat dua macam template yaitu template yaitu
> Front End Template : adalah template yang “dimunculkan” untuk pengunjung website. Front End Template bagaikan ruang tamu nya website dan
> Back End Template : adalah template yang hanya dapat dilihat oleh web administrator, Back End Template bagaikan dapur nya website  waha ha ha ha ha
Yuuk kita kenalan sama CMS yang Open Source .  

Disini ada beberapa macam jenis website yang menggunakan CMS Opensource ,
Macam macam jenis website yang menggunakan CMS Opensource
Dspace merupakan program aplikasi repository yang dapat mengambil, menyimpan, mengindeks, mem-preservasi dan menyalurkan karya-karya intelektual dari penelitian universitas dalam bentuk digital. Ini Biasanya digunakan untuk mengelola repositori koleksi perpustakaan digital.



Macam macam jenis website yang menggunakan CMS Opensource

EPrints Untuk mengelola repositori koleksi perpustakaan digital berupa teks (*pdf) audio video (*mpg, *avi, ) audio (*ogg, *mp3 ) dan file file



Macam macam jenis website yang menggunakan CMS OpensourceSMS , School Management System , adalah jenis CMS yang dikhususkan untuk web portal informasi sekolah dan terkadang juga dilengkapi fasilitas e-learning . Jibas http://www.jibas.net , Jaringan Informasi berbasis sekolah . Dalam Jibas terdapat bebargai tool administrasi pendidikan Misi JIBAS adalah membangun jaringan informasi dan komunitas pendidikan yang bisa mewadahi interaksi dan aktifitas setiap elemen pendidikan dari siswa, guru, orang tua, sekolah,yayasan, pemerintah dan masyarakat umum.

Macam macam jenis website yang menggunakan CMS OpensourceCMS Balitbang , kajianwebsite.org adalah CMS (Content Management System) yang sudah siap pakai dipergunakan untuk web sekolah. Mulai dari SD, SMP hingga SMA. Dikembangkan oleh Balitbang Kemdiknas Indonesia. Menu sudah lengkap dengan kemudahan dan kelengkapan fitur. Cukup mudah dipergunakan karena tidak perlu menambhkan piranti tambahan seperti plugin.


Macam macam jenis website yang menggunakan CMS OpensourceLMS , Learning management system. disebut Juga CMS Course Management System, adalah CMs yangdiperuntukan untuk pembelajaran online. contoh :

Atutor http://atutor.ca/ Atutor digunakan untuk mengembangkan dan memberikan kursus online. Administrator dapat menginstal atau memperbarui ATutor dalam hitungan menit, mengembangkan tema kustom untuk memberikan ATutor tampilan baru, dan mudah memperluas fungsi dengan fitur modul. Pendidik cepat dapat merakit, paket, dan mendistribusikan konten berbasis Web instruksional, mudah mengimpor konten dikemas, dan melakukan kursus online mereka. Siswa belajar dalam lingkungan, diakses adaptif, pembelajaran sosial.

Macam macam jenis website yang menggunakan CMS Opensource
Moodle http://moodle.org/ Moodle adalah sebuah Course Manajemen Sistem (CMS), juga dikenal sebagai Sistem Manajemen Pembelajaran (LMS) atau Virtual Learning Environment (VLE). Ini adalah sebuah aplikasi web gratis yang pendidik dapat digunakan untuk membuat situs yang efektif pembelajaran online.


Macam macam jenis website yang menggunakan CMS OpensourceLibMS , Library Magement System . adalah jenis CMS yang diperuntukan untuk mengelola Otomasi perpustakaan. contoh :

 SLiMS http://slims.web.id/web/ Senayan yang sekarang Bernama SLiMS adalah Sistem Manajemen Perpustakaan , Open Source Software. SLiMS menyediakan banyak fitur seperti database Bibliografi, Sirkulasi, Keanggotaan dan masih banyak lagi yang akan membantu “mengotomatisasi” tugas-tugas perpustakaan


Macam macam jenis website yang menggunakan CMS Opensource
KOHA http://www.koha.org/ Sejak peluncuran pada tahun 1999, KOHA telah diadopsi oleh ribuan perpustakaan di seluruh dunia, masing-masing menambahkan fitur dan fungsi, memperdalam kemampuan sistem. Dengan rilis 3.0 pada tahun 2005, dan integrasi mesin pengindeksan Zebra kuat, KOHA menjadi solusi, layak scalable untuk perpustakaan dari semua jenis.KOHA LibLime dibangun di atas fondasi ini. Dengan set fitur canggih, LibLime Perpustakaan Kesehatan adalah sumber yang paling fungsional terbuka canggih ILS di pasar saat ini.

Macam macam jenis website yang menggunakan CMS Opensource
PHPmyLibrary http://sourceforge.net/projects/phpmylibrary/ atau http://code.google.com/p/phpmylibrary/ phpMyLibrary adalah aplikasi otomatisasi Perpustakaan yangdibangun dari PHP MySQL . Program ini terdiri dari katalogisasi, sirkulasi, dan modul webpac. Program juga memiliki fitur ekspor impor. Program ini ketat mengikuti standar USMARC untuk menambahkan bahan-bahan.

Macam macam jenis website yang menggunakan CMS Opensource
OpenBiblio  http://openbiblio.net/ atau http://obiblio.sourceforge.net/ OpenBiblio mudah digunakan, sistem otomasi perpustakaan ditulis dalam PHP yang mengandung OPAC, sirkulasi, katalogisasi, dan fungsi staf administrasi. dan sebagai nya 


Macam macam jenis website yang menggunakan CMS Opensource
E-CMS , E-Comerce Management System. Ialah CMS yang dikhususkan untuk situs julan online. contoh
OSComerce http://www.oscommerce.com/ osCommerce telah menarik sebuah komunitas besar dan berkembang yang terdiri dari lebih dari 257.300 pemilik toko, pengembang, penyedia layanan, dan penggemar yang mendukung dan bekerja dengan satu sama lain pada bisnis online mereka. Sampai saat ini ada lebih dari 6.700 plufgin tersedia gratis untuk menyesuaikan toko online osCommerce Merchant online yang membantu meningkatkan penjualan.

Macam macam jenis website yang menggunakan CMS Opensource
Prestashop http://www.prestashop.com/ PrestaShop tercepat, paling ringan, dan Open Source yang paling progresif e-commerce software. PrestaShop bermanfaat memberi solusi, handal fleksibel, sangat mampu, mampu menangani pesanan 100.000 sehari.

Macam macam jenis website yang menggunakan CMS OpensourceWebBlogCMS adalah CMS yang dikhususkan buat ngeblog dan membuat web portal. contoh
Joomla http://www.joomla.org/ Joomla adalah salah satu yang paling populer Open Sorce CMS (sistem manajemen konten). 2,7 persen dari Web berjalan pada Joomla, perangkat lunak digunakan oleh individu, usaha kecil & menengah, dan organisasi besar di seluruh dunia untuk dengan mudah membuat & membangun berbagai website & web-aplikasi.
Macam macam jenis website yang menggunakan CMS Opensource
WordPress.org http://wordpress.org/ open source yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). Selain sebagai blog, WordPress juga mulai digunakan sebagai sebuah CMS (Content Management System) karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya





Macam macam jenis website yang menggunakan CMS Opensource
Drupal http://drupal.org/ adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen konten yang bebas dan terbuka yang di distribusikan dibawah lisensi GPL, pengembangan dan perawatannya dilakukan oleh ribuan komunitas pengguna dan pengembang di seluruh dunia.

Sumber: http://desawarna.edublogs.org/2012/01/19/jenis-jenis-cms/
=====================================================
============================================================
sumber buat referensi tambahan: 
Jika ingin mempelajari lebih mengenai CMS klik disini  pemahaman mengenai CMS Opensource ,
Jika ingin mempelajari tentang Multimedia Interaktif klik disini  pemahaman mengenai multimedia interaktif
Jika ingin mempelajari dasar dasar animasi flash klik disini dasar dasar animasi flash menggunakan adobe flash

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Situs UTAMA

Terkait dengan edianya: Macan Software

klik DISINI

Tayangan minggu lalu

page title images

page title images

<======================================= =>

Microsoft Home Page
Google Support
Adobe Solutions

 
Copyright © 2010-2013 WARNING, All rights reserved
Design by DZignine . Powered by Blogger
Top