Home » » [ Memanfaatkan CMS ] untuk membangun website sekolah

[ Memanfaatkan CMS ] untuk membangun website sekolah

/ Friday, December 28, 2012 /
 [ Memanfaatkan CMS ] untuk membangun website sekolah
Biasanya dalam Website Sekolah ada beberapa jenis Web yang meliputi:  

Web profile/ Web sekolah
1. Memperkenalkan profil sekolah sehingga masyarakat luas mengetahui informasi apapun tentang sekolah seperti : Fasilitas yang tersedia, Kurikulum dan ekstra kurikuler termasuk materi pebelajaran online dan pustaka maya, prestasi yang telah diraih oleh sekolah, informasi mengenai perencanaan sekolah dan kebutuhan biaya, macam dan kualitas kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan sekolah. Jumlah dan kualifikasi tenaga pendidik dan kependidikan yang ada.
2. Sebagai media komunikasi antara sekolah dengan dunia luar, bentuk komunikasi yang terjalin diantaranya : komunikasi antara siswa dengan guru terkait pelaksanaan pembelajaran, komunikasi antara siswa melalui media forum, komunikasi antara orangtua siswa/ calon siswa dengan sekolah melalui media email ataupun form kontak di website, komunikasi antara sekolah dengan institusi pendidikan di dalam/luar daerah, komunikasi  antara sekolah dengan alumni.

3. Sebagai media resmi sekolah untuk media publikasi informasi ke masyarakat, seperti : pengumuman, Pers Release, dan Berita resmi sekolah.

Sayangnya, ada beberapa hal sering terjadi pada website-website sekolah. Mulai dari kurang update karena tidak punya tim pengurus/redaksi yang siap mengurus dan memberi informasi lewat website sekolah hingga masalah kehabisan bandwidth karena hosting yang kurang mencukupi

====================================================================
====================================================================
Untuk website sekolahan cukuplah dengan website yang menampilkan profil sekolahan saja. Soal data akademik itu bisa dipisahkan tersendiri dari website profile sekolah, untuk data informasi akademik bisa dipisahkan sendiri namanya sistem informasi akademik berbasis web atau juga bisa berbasis aplikasi dekstop.

untuk contoh website sekolahan yang mana ada:
web profile, dan bagian bagiannya terdapat e-learning/untuk belajar online e-library/perpustakaan, sistem informasi manajemen sekolah, dll 

CMS yang bisa digunakan untuk membuat web sekolah
  • LSM Atutor
  • CMS Balitbang
  • Jibas, School Management
  • Wordpress || Web Profile sekolah
====================================================================
Untuk fasilitas tambahannya
====================================================================
Moodle  ( untuk membuat e-learning  )
CMS Moodle adalah sebuah CMS yang digunakan untuk membuat aplikasi E-Learning. Dalam CMS Moodle ini sudah terdiri fitur-fitur E-Learning yang sangat lengkap, mulai dari online test, forum, dll. Manajemen CMS ini agak sedikit rumit, dan harus diperlukan pemahaman tentang cara menggunakannya.
 
DSPACE / Eprints ( untuk mengelola penyimpanan file )
Dspace merupakan program aplikasi repository yang dapat mengambil, menyimpan, mengindeks, mem-preservasi dan menyalurkan karya-karya intelektual dari penelitian universitas dalam bentuk digital. Ini Biasanya digunakan untuk mengelola repositori koleksi perpustakaan digital.

 EPrints Untuk mengelola repositori koleksi perpustakaan digital berupa teks (*pdf) audio video (*mpg, *avi, ) audio (*ogg, *mp3 ) dan file file

Aplikasi lain untuk mengelola Sistem Perpustakaan
OpenBiblio mudah digunakan, sistem otomasi perpustakaan ditulis dalam PHP yang mengandung OPAC, sirkulasi, katalogisasi, dan fungsi staf administrasi. dan sebagai nya

phpMyLibrary adalah aplikasi otomatisasi Perpustakaan yang dibangun dari PHP MySQL . Program ini terdiri dari katalogisasi, sirkulasi, dan modul webpac. Program juga memiliki fitur ekspor impor. Program ini ketat mengikuti standar USMARC untuk menambahkan bahan-bahan.

LibMS , Library Magement System . adalah jenis CMS yang diperuntukan untuk mengelola Otomasi perpustakaan. contoh :
SLiMS http://slims.web.id/web/ Senayan yang sekarang Bernama SLiMS adalah Sistem Manajemen Perpustakaan , Open Source Software. SLiMS menyediakan banyak fitur seperti database Bibliografi, Sirkulasi, Keanggotaan dan masih banyak lagi yang akan membantu “mengotomatisasi” tugas-tugas perpustakaan.


KOHA telah diadopsi oleh ribuan perpustakaan di seluruh dunia, masing-masing menambahkan fitur dan fungsi, memperdalam kemampuan sistem. Dengan rilis 3.0 pada tahun 2005, dan integrasi mesin pengindeksan Zebra kuat, KOHA menjadi solusi, layak scalable untuk perpustakaan dari semua jenis.KOHA LibLime dibangun di atas fondasi ini. Dengan set fitur canggih, LibLime Perpustakaan Kesehatan adalah sumber yang paling fungsional terbuka canggih ILS di pasar saat ini.

====================================================================
Untuk data Informasi akademiknya
====================================================================
PSB online
PSB online merupakan aplikasi web-base yang bertujuan untuk digunakan sebagai sistem penerimaan siswa baru secara online. Hal ini memudahkan siswa/orangtua memantau penerimaan siswa dalam satu sekolah, apakah siswa tersebut masih lulus saringan atau tidak. dengan PSB online juga memudahkan para administrasi sekolah mensortir siswa-siswi yang memenuhi kriteria sekolah mereka.

====================================================================
Web Portal sekolah 
Web portal merupakan web yang dapat menampilkan informasi mengenai sekolah secara lengkap. Mulai dari profile sekolah, informasi guru, berita sekolah, artikel sekolah, kalender pendidikan, galleri photo, dan informasi penting lainnnya,

====================================================================  
Sistem Informasi Nilai Online
merupakan sistem inforamsi akademik online yang bertujuan untuk menampilkan informasi akademik siswa secara online. sehingga informasi tentang nilai, selain untuk mengurangi kertas, juga memudahkan para orangtua untuk dapat memantau informasi akademik anaknya dengan faktual.
Didalam prakteknya pelaksanaan sistem setiap siswa hanya memiliki akses terhadap nilai pribadinya saja, karena menggunakan teknologi security login untuk dapat mengakses halaman nilai online tersebut. Informasi mengenai security login ini juga diberikan kepada para orangtuamurid.
Informasi yang  ditampilkan biasanya mulai dari data absensi kehadiran, nilai ulangan, nilai semester, dan informasi nilai lainnya.

==================================================================== 
Salah satu syarat untuk mendapatkan domain .sch.id harus mengirimkan Surat Permohonan dari Kepala Sekolah untuk Permintaan Domain .sch.id
Surat tersebut ditandatangani, dan distemple. Selanjutnya discan kedalam format tiff, jpg atau gif dengan ukuran file tidak lebih dari 200 kb

dan Surat Kuasa kepada Pejabat/orang yang ditugaskan untuk pengurusan domain sch.id
Surat tersebut dibubuhi  materai Rp 6.000,-, ditandatangani, dan distemple. Selanjutnya discan kedalam format tiff, jpg atau gif dengan ukuran file tidak lebih dari 200 kb

Ketentuan Kepemilikan  Domain Sekolah
[ http://website.sekolah.litbangmedia.com/mendaftar-domain-sekolah/ ]
Untuk memiliki sebuah domain sekolah (.sch.id) tidak dapat dilakukan oleh sembarang orang atau instansi. Pandi (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia) memiliki aturan yang cukup ketat tentang kepemilikan domain .sch.id. Berikut kutipan Kebijakan domain .sch.id

1.  Ketentuan Umum
- Pendaftar di bawah DTD-SCH.ID bertindak atas nama organisasi yang bersangkutan.
- Pendaftar dianggap telah memiliki kemampuan teknis yang cukup, dapat berkomunikasi dalam bahasa Indonesia, serta mengerti dampak dari proses pendaftaran DTD-SCH.ID.
- Pengelola DTD-SCH.ID tidak berkewajiban dan tidak bertanggungjawab dalam pengurusan alamat IP, in-addr domain, serta konektivitas ke internet.
- Pengelola DTD-SCH.ID tidak berkewajiban untuk memberikan bantuan serta penerangan teknis yang berkaitan dengan pendelegasian  domain. Hal tersebut di atas merupakan kewajiban para Penyelenggara Jasa Internet (PJI) yang ditunjuk oleh organisasi yang bersangkutan.
- Pendaftaran berdasarkan ‘First Come First Served’.

2. Ketentuan Khusus
- DT2-SCH.ID khusus untuk Lembaga Pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan seperti SD, SMP dan atau SMU, serta beroperasi sesuai dengan perundangan yang berlaku, termasuk didalamnya Lembaga Pendidikan yang bukan di bawah naungan Ditjen DikDasmen Depdikbud, seperti Madrasah Ibtidaiyah, Tsanawiyah, Aliyah, dan lain-lain.
- Dokumen identitas yang dapat digunakan untuk pendaftaran ialah :
- Surat Pengajuan Resmi dari Kepala Sekolah yang Bersangkutan (Diatas Kop Surat, ditandatangani dan dibubuhi stempel sekolah)
- Kartu Identitas (KTP / SIM) dari Kepala Sekolah / Kepala UPT/ Pejabat yang ditunjuk sebagai penanggung jawab

3. Ketentuan Penamaan
- Penamaan dan pengelolaan domain dibawah DTD-SCH.ID sepenuhnya wewenang pimpinan organisasi yang bersangkutan melalui pejabat yang ditunjuk. Yang dimaksud dengan pimpinan organisasi ialah pemegan sah dari ‘identitas’ yang didaftarkan dalam formulir. Yang dimaksud dengan pejabat yang ditunjuk ialah nama yang tercantum dalam ‘admin-kontak’. Dalam pengoperasian sehari-hari, pejabat ‘admin-kontak’ diwakili oleh ‘teknis-kontak’. Hingga pimpinan organisasi menentukan lain, pendaftaran pertama dapat dilakukan oleh siapa saja yang mewakili ‘kontak-teknis’. Pengelola DTD-SCH.ID tidak bertanggung-jawab atas perselisihan internal yang mungkin akan terjadi atas wewenang pengelolaan domain yang didelegasikan. Hingga pimpinan organisasi menentukan lain, pengelola menganggap sah, keterangan dari pendaftaran pertama kali. Seperti halnya yang tercantum dalam RFC-1591, pengelola DTT (Domain Tingkat Tertinggi), mau pun pengelola DTD-SCH.ID, tidak bertanggung jawab dan tidak berperan selain dari pencatatan atas pendelegasian nama dari domain yang diminta.

4. Kriteria pemilihan nama domain
- Ada kaitan jelas antara nama domain dengan nama perusahaan/organisasi yang didaftarkan.
- Tidak menggunakan nama yang masuk “Restricted Words/Names”.
- Tidak menggunakan kata-kata yang melanggar norma kesopanan, kaidah hukum, agama yang berlaku di Indonesia, dan yang mungkin menimbulkan dampak SARA.
- Nama domain terdiri dari Alphabet “A-z”, “A-Z”, angka “0-9?, dan karakter “-” serta selalu diawali dengan Alphabet. (RFC819).
- Panjang nama domain minimum tiga (3) karakter dan tidak lebih dari enam puluh tiga (63) karakter.
- Penamaan domain dapat diawali dengan angka dan diikuti dengan huruf atau diawali dengan huruf dan diikuti dengan angka. Tetapi tidak diperbolehkan hanya menggunakan angka untuk seluruh nama domain.
- Sesuai peraturan perundangan, penggunaan nama domain harus berdasarkan itikad baik, prinsip persaingan usaha secara sehat dan tidak melanggar hak orang lain.

5. Perselisihan
- Jika data-data yang diberikan tidak akurat (bohong) maka penggunaan domain bisa  ditinjau kembali (dicabut).
- Jika terjadi perselisihan, maka penggunaan domain dibekukan sampai masalah terselesaikan.
- Pengelola DTD berhak penuh untuk melakukan tindakan yang perlu, seperti mencabut, membekukan, dan lain-lain, atas domain yang telah didelegasikan

6. Lain-lain
- Apabila ada pendaftaran nama domain yang diperkirakan akan menimbulkan masalah dan tidak/belum dapat diselesaikan oleh pengelola, maka masalah tersebut akan di bawa ke komunitas DT2- SCH.ID
Ketentuan pendaftaran ini, sewaktu-waktu dapat berubah.

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Situs UTAMA

Terkait dengan edianya: Macan Software

klik DISINI

Tayangan minggu lalu

page title images

page title images

<======================================= =>

Microsoft Home Page
Google Support
Adobe Solutions

 
Copyright © 2010-2013 WARNING, All rights reserved
Design by DZignine . Powered by Blogger
Top