Home » » [ Membangun toko online ] menggunakan CMS Open Source

[ Membangun toko online ] menggunakan CMS Open Source

/ Tuesday, December 25, 2012 /
[ Membangun toko online ] menggunakan CMS Open Source
Toko online adalah web yang bertujuan untuk menampilkan produk-produk yang dimiliki perusahaan secara online. Dilengkapi dengan produk yang lengkap ( mulai dari harga, spesifikasi, gambar produk, dll ).

Dan untuk memudahkan pengunjung web, toko online ini menampilkan produk dalam kategori kategori tertentu, sehingga para pelanggan atau calon pelanggan dapat melihat produk dengan gambaran yang cukup jelas dan sekaligus dapat memesannya secara online.

Bahkan banyak CMS yang bisa kita pakai untuk membuat toko online tanpa kita harus membelinya dan open source. Jadi yang ingin mengembangkannya lagi bisa di oprek dan di utak atik.

Membuka toko online juga menjadi salah satu solusi di jaman sekarang ini. Semakin sempitnya lahan tapi semakin berkembangnya dunia internet yang sangat pesat di indonesia bahkan dunia
.
 

====================================================================
====================================================================
Beberapa aplikasi toko online gratis
Wordpress
Meskipun di khususnya untuk blog, namun kenyataannya banyak sekali developer-developer yang menggunakan CMS ini untuk membuat sebuah website baik itu company profile, hingga toko online.
Ada banyak plugin untuk toko online yang bisa anda pilih. Namun saya hanya merekomendasikan 3 plugin yang paling populer, silahkan pilih salah satu:


Prestahop
Prestashop sebenarnya lebih powerfull dari opencart. Tapi bagi orang awam tentunya di perlukan ketrampilan khusus untuk mengoperasikannya. fitur-fiturnya lumayan lengkap mulai dari shipping sampai payment metodenya. Untuk pilihan themenya juga sudah banyak yang menyediakan, walaupun masih jarang yang gratisan.


yang paling menarik dari software ini  adalah antarmuka yang ramping. Dengan open source ini kita dapat membuat kesepakatan khusus seperti voucher hadiah, penurunan harga,maupun produk tag.

OScommerce
oscommerce juga salah satu dari cms komersial yang open source, oscommerce salah satunya yang di pakai oleh canonical menjual produk-produk ubuntu. Anda bisa melihat beberapa contoh website ecommerce yang memakai oscommerce di http://shops.oscommerce.com/. Sepertinya oscommerce cukup powerful untuk membangun sebuah toko online.


yang menawarkan beberapa pilihan pemasaran dan mendukung sebagian besar sistem pembayaran. Aplikasi ini ramah multibahasa dan SEO.Dapat bekerja dengan PHP / MySQL. 

====================================================================
Pondasi utama yang harus dipersiapkan sebelum membangun toko online yaitu:
Seperti bisnis lainnya, usaha toko online juga butuh perencanaan dan pertimbangan yang baik, bahkan mungkin butuh insvestasi untuk menghasilkan toko online yang efektif sebagai alat bisnis. Berikut beberapa faktor yang harus anda pertimbangkan dengan matang sebelum memulai bisnis toko online :
1. Produk yang akan dijual
2. Mempersiapkan Brand
3. Membangun toko online
4. Merencanakan Sistem Pembayaran
5. Sistem pemesanan dan pengiriman barang

-  Strategi dalam pemasaran produk adalah hal yang paling penting , baca marketer/ marketing

====================================================================
Sekarang sudah banyak CMS (Content Management System) yang siap pakai dan gratis. Diantara banyaknya CMS yang bertebaran di dunia maya, CMS wordpress adalah salah satu yang sangat powerfull. Wordpress digunakan oleh jutaan orang dan dikembangkan oleh para developer dari seluruh dunia ,

Wordpress pada dasarnya dikembangkan untuk sebuah blog ( SEO and user friendly ), namun dalam perkembangannya wordpress juga banyak digunakan untuk website berbentuk website profil perusahaan, untuk sekolah, dan toko online. Untuk membuat wordpress berfungsi layaknya toko online, kita membutuhkan tambahan plugin dan themes baca tulisan yang ada di atas


Aplikasi khusus untuk toko online diatas selain menggunakaan wordpress adalah baik dari segi manajemen konten, dalam mengelola masalah tersebut karena memang aplikasi tersebut tujuannya untuk memasarkan produk secara online / online store ,, akan tetapi dalam ( SEO and user friendly ) Wordpress yang paling unggul.

Situs UTAMA

Terkait dengan edianya: Macan Software

klik DISINI

Tayangan minggu lalu

page title images

page title images

<======================================= =>

Microsoft Home Page
Google Support
Adobe Solutions

 
Copyright © 2010-2013 WARNING, All rights reserved
Design by DZignine . Powered by Blogger
Top