Home » » Bikin e-Books menggunakan software HelpNDoc

Bikin e-Books menggunakan software HelpNDoc

/ Tuesday, September 18, 2012 /

File CHM digunakan untuk beberapa hal diantaranya untuk manual penggunaan suatu software, kamus, e-book dan lain-lain. Dalam file CHM ini kita tidak memerlukan software lain lagi untuk menjalankannya. Untuk menambah ataupun menghapus topic juga cukup mudah untuk kita lakukan. Software yang kita perlukan untuk membuat File CHM ini adalah HelpNDoc yang dapat di download di http://www.helpndoc.com/download. Untuk langkah-langkah membuatnya, berikut coba saya rangkum dalam tulisan di bawah ini.

1. Setelah kita mem-download pada alamat diatas, extrax file ZIP nya lanjutkan dengan meng-klik 2 kali pada file HelpNDoc, lanjutkan dengan menekan Next dan ikuti proses untuk menginstal, berikutnya tunggu proses instalasi sedang berlangsung, setelah selesai proses instalasi maka selanjutnya kita tinggal melakukan setting terhadap hasil proses instalasi tersebut.

2. Pada kasus berikut ini, saya mencoba membuat suatu kamus Teknologi Informasi dan Komunikasi, langkah-langkahnya sebagai berikut : Pilih New Project, kita dibawa pada pilihan General properties, isikan keterangan Title, Copyright dan lainnya. Kita dapat membentuk file .chm dan .html apabila kita melakukan generate.

3. Selanjutnya kita membuat topic ataupun subtopic, klik kanan pada judul proyek, pilih Insert as child, Insert a new topic as child, isikan caption topic, dan tekan Insert Topic lalu masukan isi dan topic. Misal Caption nya A Topik A dst.nya.

4. Untuk penulisan dari item B misalnya, kita tinggal menulis di layar kanan, sama halnya kita menulis pada Microsoft Word untuk pegaturan-pengaturannya.

5. Berikutnya untuk menghasilkan file .chm ataupun .html maka kita perlu mengkompilasi proyek tersebut
melalui menu Tools, Compile Project, Pilih tempat penyimpanan file kemudian klik Generate.
6. Apabila ada warning Microsoft HTML Workshop couldn’t be found this computer, maka lakukan instalasi Microsoft HTML yg bisa di download di http://tinyurl.com/6f8bau. Tutup aplikasi HelpNDoc, instal file yg sudah di download tadi, kalau sudah lakukan generate ulang.
7.Kalau sudah di install Microsoft HTML maka apabila kita melakukan generate hasilnya adalah Generating CHM Help File, Generating HTML Files, Compilation was Succesful. Maka kita mendapatkan 2 file yang berupa .CHM dan .HTML

Sumber: http://gustisyahroni.wordpress.com/2008/09/24/membuat-file-chm/

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Situs UTAMA

Terkait dengan edianya: Macan Software

klik DISINI

Tayangan minggu lalu

page title images

page title images

<======================================= =>

Microsoft Home Page
Google Support
Adobe Solutions

 
Copyright © 2010-2013 WARNING, All rights reserved
Design by DZignine . Powered by Blogger
Top