Home » » Membuat Software Installer menggunakan Inno Setup

Membuat Software Installer menggunakan Inno Setup

/ Tuesday, September 18, 2012 /

Inno Setup adalah software yang membantu Anda untuk membuat installer program yang Anda buat. Cukup terkenal dan cukup handal.  Inno Setup merupakan sebuah installer gratis untuk program Windows. Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1997, saat ini Inno Setup telah dapat bersaing bahkan mengungguli berbagai installer komersial dalam sisi fitur dan stabilitas yang dimilikinya. Fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi ini mencakup antar muka yang terlihat seperti Windows 2000/XP (Windows 2000/XP-style interface); kemampuan membuat file EXE tunggal untuk kemudahan distribusi online; mendukung disk spanning; dan full uninstall capability. Aplikasi ini juga menyertakan customizable setup type, integrated LZMA file compression, mendukung instalasi shared file dan OCX, dan mendukung pembuatan icon Start Menu, INI entry, dan registry entry.

Pada intinya, Inno Setup merupakan sebuah tool yang dapat membantu Anda membuat windows installer. Ketika Anda mengoperasikannya, script memiliki ekstensi .iss, dan script ini mengontrol setiap aspek instalasi. Sebagai contoh, script menentukan file yang akan diinstal dan di mana letak instalasinya, menentukan shortcut yang dibuat dan memberikan nama pada shorcut, dan masih banyak lagi.

File script biasanya diedit dari dalam program Setup Compiler. Setelah Anda selesai menulis script, langkah selanjutnya dan langkah terakhir adalah memilih opsi “Compile” pada Setup Compiler. Dengan menjalankan perintah ini, maka akan dibuat sebuah program Setup yang siap untuk dijalankan berdasarkan pada script. Secara default, program Setup ini dibuat pada sebuah direktori bernama “Output” di bawah direktori di mana script berada.


Beberapa fitur kunci yang terdapat pada aplikasi Inno Setup diantaranya adalah: Mendukung semua versi sistem operasi Windows yang digunakan saat ini, yaitu Windows 7, Vista, XP, 2008, 2003, 2000, Me, 98, 95, dan NT 4.0; Dukungan yang baik aplikasi 64-bit pada sistem operasi Windows edisi 64-bit; Mendukung pembuat file EXE tunggal untuk kemudahan distribusi online serta dukungan terhadap disk spanning; Memiliki desain antar muka Windows 2000/XP standar; Customizable setup type (Full, Minimal, Custom), complete uninstall capability; Integrated Pascal scripting engine, ketersediaan source code secara penuh (Borland Delphi 2.0-5.0). Inno Setup juga menyertakan integrated support untuk file compression “deflate”, bzip2, dan 7-Zip LZMA file compression.

Sumber: http://quiksms.kiswara.com/2012/01/27/download-software-pembuat-installer-software-inno-setup-5-4-free-gratis-terbaru.html

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Situs UTAMA

Terkait dengan edianya: Macan Software

klik DISINI

Tayangan minggu lalu

page title images

page title images

<======================================= =>

Microsoft Home Page
Google Support
Adobe Solutions

 
Copyright © 2010-2013 WARNING, All rights reserved
Design by DZignine . Powered by Blogger
Top